Bota Bujak

Bota Bujak
Ataili, kampung kecil, unik, menyimpan banyak misteri. Kekayaan warisan budaya, adat istiadat didaur ulang sehingga menjadi ramuan yang berguna demi kehidupan bersama. Ola glekat lewotana adalah kewajiban setiap anak tanah. Kritik sosial penting untuk membangun kehidupan bersama yang lebih baik dalam era arus globalisasi. Tulis apa adanya, jangan menipu (bahasa lokal: akalbae).

April 22, 2013

BANGUNLAH DARI TIDURMU


Membangun adalah kata  kerja dari kata dasar “bangun”.  Jadi arti  “ATAILI MEMBANGUN” dalam konteks pembangunan fisik  dan pembangunan Sumber Daya Manusia.  Kata bangun juga dipakai dalam bahasa daerah Ataili tetapi tidak dalam konteks pembangunan fisik dan SDM melainkan bangun dari tidur. Contoh: No banguna kei ka artinya apakah dia sudah bangun? Bangu re artinya. Bangunlah sekarang.  Go rio ara tana bangunna a artinya saya panggil-panggil tapi dia tidak bangun. Semuanya diartikan dalam konteks bangun dari tidur.

Blogger ATAILI, LEMBATA MEMBANGUN  dalam hubungannya dengan pembangunan fisik, SDM dan juga bangun dari Tidur yang berkepangjangan.  Kata Lembata disandingkan di sini hanya untuk menunjuk bahwa Ataili ada di Kabupaten Lembata. Penekanan pembangunan pada blog ini tidak pada Lembata tetapi pada Ataili.  Tetapi sangatlah penting untuk kata Lembata disandingkan karena justru pembangunan desa Ataili juga bagian dari pembangunan Kabupaten Lembata.  Ataili mejadi maju maka dengan sendirinya Lembata akan maju.

Mengingat semua pengertian di atas maka blogger Ataili, Lembata  menggedor orang Ataili supaya tidak ketiduran melainkan bangun dari tidurnya yang panjang.  Era globalisasi ini memacuh semangat untuk berlomba-lomba  untuk menata kehidupan yang sejahtera. Setiap saat ada perubahan dan siapa yang tidak beubah dia akan ketinggalan dalam soal perubahan ilmu dan teknologi. Akankah orang Ataili bersaing dengan arus globalisasi?

No comments:

Post a Comment