Bota Bujak

Bota Bujak
Ataili, kampung kecil, unik, menyimpan banyak misteri. Kekayaan warisan budaya, adat istiadat didaur ulang sehingga menjadi ramuan yang berguna demi kehidupan bersama. Ola glekat lewotana adalah kewajiban setiap anak tanah. Kritik sosial penting untuk membangun kehidupan bersama yang lebih baik dalam era arus globalisasi. Tulis apa adanya, jangan menipu (bahasa lokal: akalbae).

June 3, 2013

“SWANGGI”, ROH JAHAT MENURUT ORANG ATAILI


Berbicara tentang swanggi berhubungan dengan kekuatan supranatural. Sulit membuat sebuah analisa ilmiah untuk mengkategorikan seseorang memiliki kekuatan supranatural.  Bahkan mengkategorikan seseorang memiliki roh jahat yang sebut swanggi. Bila ada orang sakit di kampung sampai mati, selalu dikaitkan dengan perbuatan jahat swanggi. Tuduh menuduh soal  siapa menjadi swanggi bisa terjadi perkelahian. Perbuatan jahat swanggi yakni menyengsarakan orang lain adalah pebicaraan umum di mana-mana. Kami pernah membuat sebuah seminar tentang swanggi  dengan mendatangkan seorang mantan yang telah berprofesi sebagai swanggi juga tidak menyelesaikan persoalan. Baru-baru ini ada gembar gembor para aggota dewan ingin supaya membuat undang-undang tentang santet.  Apakah mereka berhasil? Kita tungguh saja hasilnya. Saya kira tidak mudah  membuat undang-undang karena sulit menggiring seorang swanggi ke meja pengadilan dengan bukti-bukti akurat.
Kekuatan supranatural bisa dipercayai. Teknologi modern seperti telematika diyakini orang sebagai sesuatu yang benar. Teknologi informasi hp, internet mengkrucut dunia ini sekecil mungkin. Hampir semua barang elektronik menggunakan sistem remote kontrol.
Jadi apakah perbuatan jahat swanggi masih dipercayai? Apakah perbuatan jahatnya seperti remote kontrol?  Dalam kehidupan harian, orang Ataili menyebutnya dalam bahasa daerah.  Obat alap, no biasa segaja ate, no biasa tiwa angi, uwer meran. Kata-kata yang berhubungan dengan perbuatan jahat swanggi tetapi sulit membuktiknnya. Tak seorangpun berani mengaku dirinya sebagai swanggi. Seandainya ada orang yang tulus hati mengaku dirinya sebagai swanggi maka kita bisa memintanya untuk melakukan demonstrasi perbuatan supranatural swanggi.

SWANGGI DAN BISNIS

Di sebuah tempat di Kalimantan, orang mengenal dukun kampung. Pekerjaan dukun adalah mengobati orang-orang sakit di kampung.  Itulah andalan pengobatan alternatif sebelum ada kemajuan dalam bidang kesehatan. Meskipun dunia semakin modern tetapi kemampuan dukun masih diyakini orang-orang kampung. Sekarang dukun-dukun hampir habis. Tidak ada regenerasi dukun-dukun kampung. 
Saya pernah berbicara dengan seorang petinggi kampung, memiliki wawasan luas, berpendidikan tinggi.  Menurut dia, sebenarnya profesi dukun adalah bisnis karena setelah pengobatan dan pasien itu sembuh, dia akan meminta harga mahal, seperti beras, ayam, babi, uang dll. Menurut dia, dukun tersebut adalah swanggi  yang membuat pasien sakit dan dia jugalah yang mengobatinya. Di situlah ia mendapat penghasilan. Semakin banyak pasien semakin banyak juga penghasilannya. Hampir sepanjang tahun dukun tidak bekerja. Dia hanya mengandalkan pasien-pasien yang sakit.  Apakah ini benar? Sulit untuk mempercayainya karena perbuatan swanggi tidak bisa dideteksi secara ilmiah.

SWANGGI  DALAM AJARAN YESUS

Yesus seringkali mengusir roh jahat. Roh-roh itu selalu mengganggu kehidupan orang lain.  Memang ada kepala roh jahat yang disebut Belzebul, kepala setan. Kita ingat Yesus mengusir roh-roh jahat dengan memasukannya ke dalam babi-babi kemudian babi-babi itu masuk jurang dan mati semuanya. Bagaimanapun hebatnya roh jahat tetapi tetap tuduk pada Yesus Kristus. Kekuatan Kejahatan tak bisa melawan  Kekuatan kebaikan.  Anda bisa mengusir semua setan dan swanggi hanya “dalam nama Yesus Kristus”. Anda tak perlu takut akan roh jahat. Siapa yang takut akan roh jahat maka roh jahat akan bekerja dengan leluasa menghacurkan jiwa dan raga anda. 

No comments:

Post a Comment